NEWS & EVENTS

Dalam memelihara arowana bisa dikatakan gampang-gampang susah, karena para hobiis harus teliti dan mengerti bagaimana memelihara arowana dengan benar. Apalagi jika tiba-tiba aro kesayangannya mogok makan. Pasti hobiis bingung dan harus segera mencari penyebab dan solusinya agar aro kesayangannya tidak terlalu lama melakukan mogok makan.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan arowana mogok makan, yaitu;
1. arowana bosan dengan menu makanan yang diberikan.
2. arowana sakit
3. stress karena parameter air berubah secara tiba-tiba, tankmate yang terlalu banyak/terlalu agresif atau suhu terlalu dingin.

Untuk mengatasi masalah ini, para hobbies sering kali melakukan beberapa trik dibawah ini;
1. mengganti menu makanan arowana. bisa di coba berikan cacing tanah, ulat atau kodok (sesuai mulut arowana) dsb.
2. naikkan suhu air dengan menggunakan heater sampai ke suhu 30 derajat celcius.
3. ganti air baru yang sudah diendapkan setidaknya selama 1 hari sebanyak 20%.
4. Berikan garam air tawar pada akuarium sesuai dengan takaran yang di tentukan. Karena dengan kandungan garam tersebut dapat menyehatkan ikan. Dan dapat mengurangi bakteri dan jamur pada air.


Meningkatkan Nafsu Makan Arowana

Beberapa cara berikut sering diterapkan oleh para hobbies untuk meningkatkan nafsu makan arowana.
1. Jaga air agar tetap bersih dan parameter yang sesuai. Jika perlu penggantian, gantilah dengan air yang telah diendapkan & di aerator paling tidak 1 hari.
2. Heater set di 30-32 derajat C.
3. Berikan arus yang searah dengan catatan kekencangan nya di tingkatkan bertahap untuk menghidari stress.
4. Penggunaan obat-obatan atau vitamin juga sangat membantu. Berikan merek yang terpercaya seperti Pil Hobbies atau Tetra Arowana.


Mengganti Menu Makanan Arowana

Untuk pertumbuhan yang maksimal, kita harus memberikan pakan yang baik kepada arowana. baik itu untuk pertumbuhan warnanya atau pun untuk pembentukan badan agar arowana menjadi gemuk. Namun kerap kali menjadi kendala setiap kali kita ingin mengganti menu makanannya, arowana tidak mau memakannya. Terutama bagi jenis pakan tertentu, seperti udang. Triknya adalah puasakan arowana selama beberapa hari (relatif tergantung masing-masing arowana). Ketika arowana sudah terlihat lapar, coba masukan pakan. Jika masih tidak mau dimakan, ambil kembali pakan tersebut dan coba lagi di hari berikutnya sampai arowana mau memakannya.