NEWS & EVENTS

perkembangan warna pada arwana super red

Pada zaman modern seperti sekarang ini sudah banyak pabrik-pabrik yang membuat obat pewarna untuk ikan. Untuk mengantisipasi saat kita membeli arwana super red agar tidak tertipu oleh warnanya asli atau pengaruh obat, maka kita perlu mengetahui dan mengerti dulu proses perkembangan warna pada arwana super red :

Pertama, pada saat super red berumur sekitar 2bulan dengan ukuran sampai 12cm. bagian pipi arwana biasanya mulai berwarna silver. Sisik ikan sebagian besar masih warna dasar. Warna silver metalik baru mengisi 30% pada sisik ikan. Ekor dan Dayung masih berwarna transparan kekuningan atau pink.

Kedua, pada saat super red berumur kurang lebih 3 bulan. Ukurannya mencapai 12 s/d 18 cm. Daerah pipi warna silver sudah lebih Ngeblok, mulai timbul warna biru metalik, dan sebagian mulai keliatan semburat merah muda. Warna silver pada sisikpun sudah mencapai 50%. Warna biru metalik mulai terlihat. Untuk bagian ekor dan dayung warna merah mulai lebih jelas terutama pada ujung lingkar ekor belakang,atas dan bawah. Tapi masih transparan.

Ketiga, pada saat super red berumur 3 s/d 8 bulan. Ukuran arwana mencapai 18 s/d 30 cm. Warna merah pada pipi mulai terlihat dan ngeblok diselingi warna biru metalik. Bagian badan warna silver pada sisik mulai penuh sampai Ring ke-6, tapi warna merah belum muncul karna pada tahap ini pertumbuhan bodi ikan yg berkembang pesat. Yg keliatan hanyalah semburat pink. untuk ekor dan dayung warna merah lebih ngeblok dan sudah tidak transparan.

keempat, pada saat super red berumur 8 bulan keatas (Ukuran 30 up ). Pada tahap ini pertumbuhan bodi mulai melambat, namun warna mulai berkembang terutama warna merah pada Superred.Warna merah pada pipi mulai penuh. Warna pink pada sisik mulai memerah, dari sisik dekat bagian kepala sampai arah ekor sesuai dengan bertambahnya umur ikan.
Tulang ekor menjadi lebih kekar dan berwarna merah gelap.
Pada tahap ini Soft Tanning boleh mulai dilakukan.

Setelah ukuran 30 cm warna ikan akan terus berkembang, maksimal pada saat ikan mencapai umur 2 tahun. Beberapa Kasus ikan mencapai warna terbaiknya setelah 3 tahun. Setelah 3 tahun apabila warna ikan masih kuning/orange, maka kemungkinan besar, warna ikan tidak akan merah (genetik jelek).

Beberapa trik untuk meningkatkan warna ikan pada arwana super red dapat dilakukan dengan Tanning, serta pemberian pakan yang banyak mengandung betacaroten. Atau penempatan kolam arwana yang langsung terkena sinar matahari.