NEWS & EVENTS

Tips Merawat Arwana Dalam Akuarium

Sebelumnya saya sampaikan tiap orang memiliki waktu dan kebiasaan berbeda dalam merawat arowana, dalam hal ini saya menyampaikan / share kebiasaan saya dalam merawat arowana, bukan menggurui atau menganggap diri paling benar, terimakasih.

1. Memakai peralatan aquarium secara maksimal
Untuk memiliki arowana yang sehat dan berwarna merah maksimal salah satu caranya dengan membuat aquarium menjadi tempat yang nyaman bagi ikan kita, hal2 yang harus diperhatikan adalah:
- Aerator (supply udara bersih)
Aerator yang bagus adalah jika arus listrik yang menggerakkannya kecil( hemat), tetapi udara yang ditiupkannya relatif banyak. Pilihlah Aerator yang menggunakan accu, dengan tujuan apabila listrik padam, ikan masih mendapatkan supply udara di dalam aquarium terutama untuk pemeliharaan banyak ikan arowana dalam satu aquarium. Sebagai penanda arowana kekurangan oksigen, mulut arowana akan membuka dan menutup relative cepat dan bergerak kurang nyaman.
- Penutup Aquarium
Arowana merupakan hewan yang gemar melompat. Bisa disebabkan banyak hal sehingga arowana melompat ke atas aquarium, dan apabila sedang kurang beruntung, setelah melompat , arowana bisa mendarat di luar aquarium. Untuk mencegahnya pakailah penutup aquarium dari jaring yang dirapikan dengan alumunium.
- Pompa Arus Bergelembung
Penempatan pompa arus kecil di bawah, untuk mencegah ikan berhenti di dasar aquarium. Bahkan jika aquarium kotor, dayung dan sirip ikan bisa terkena penyakit karena menyentuh dasar aquarium. Penempatan arus dibawah juga membuat kotoran mengumpul, sehingga lebih mudah untuk membersihkan.
- Heater & Thermometer
Alat pemanas (heater) ini diperlukan terutama di tempat dingin atau ber ac. Pertama kita pasang thermometer di dalam aqua, setelah beberapa menit terlihat jumlah derajat di thermometer, maka kita lakukan setting input jumlah derajat tersebut pada heater. Dengan tujuan heater mengetahui ada di derajat berapa suhu aqua sekarang. Setelah itu baru kita pasang suhu heater sesuai keinginan kita. Suhu ideal untuk arowana adalah berkisar 26-29 derajat celcius.
- Filter & Media Filter
Kerja filter untuk menyedot air akuarium, menyaring, dan mengembalikannya lagi ke dalam akuarium dalam kondisi bersih. Saya menyarankan untuk memakai canister, dengan keunggulan mudah dibersihkan dan memiliki system penyaringan air yg lebih bagus daripada filter jenis lainnya. Media filter harus disesuaikan dengan besarnya penampungan filter dan volume air dalam aqua. Untuk tempat filter kecil pakailah media seperti biohome dan keramik ring (harga lebih mahal), untuk tempat filter yang besar bisa memakai bioball yang lebih murah.
- Lampu TL
Keberadaan lampu TL, untuk mempercantik penampilan akuarium. Makin tinggi Kelvin lampu TL makin mempercepat pembentukan warna pada ikan arowana.Tapi jika terlalu tinggi malah dapat membuat sisik arowana anda kehitam2an atau hangus.
- Background Aquarium
Background dapat mempengaruhi warna arwana anda. Dan bagi hobiis yang memiliki interior indah dirumah tentunya tidak ingin merusaknya dengan background aquarium yg tidak sesuai. Background yg baik untuk perkembangan warna arowana adalah warna Biru, Putih, Hijau dan polos, tinggal disesuaikan selera masing2 hobiis.

2. Rajin melakukan perawatan akuarium
Sebelum meminang seekor arowana, anda harus memastikan memiliki tenaga, waktu dan biaya yang cukup untuk merawat arowana kesayangan anda. Tanpa perawatan maksimal, Arwana tidak akan menjadi sehat , bahagia dan memancarkan warna merahnya secara maksimal
Pemberian makanan secara teratur, baik jumlah maupun waktu
Makanan pokok arwana terbaik adalah udang. Diberikan beserta kulitnya(mengandung banyak betacaroten).Tapi jangan terus- menerus diberi udang, sebaiknya divariasi déngan makanan lain. Contohnya: kecoa, katak, lipan, ulat, kadal, maupun jangkrik.
Pilih lah makanan dari peternak atau aman dikonsumsi arowana kesayangan kita. Jangan diberi makan , misalnya : kecoa di selokan depan rumah, yang kita tidak tahu apakah habis terkena obat anti serangga atau lainnya.
Pemberian makanan bisa dilakukan 2 kali sehari untuk arowana ukuran 30 cm kebawah dan 1 kalo sehari untuk arowana ukuran 31 cm ke atas. Pemberian makanan dilakukan setelah ganti air, jangan 12 jam sebelum ganti air. Karena apabila ph air baru berbeda banyak dengan ph air aquarium, ikan akan muntah.
Waktu pemberian makanan dapat disesuaikan dengan kebiasaan hobiis, asalkan arowana tetap dapat supply makanan secara teratur dan dapat tumbuh dengan baik.
Pengontrolan & pergantian air secara teratur
Setiap hari diwajibkan mengontrol suhu dan pH air. Adapun suhu air ideal bagi ikan arwana sekitar 26-29 derajat Celcius. Andaikata suhu air dingin, segera nyalakan heater hingga suhu air sesuai kebutuhan. Atau sebaliknya jika terlalu panas maka lampu aquarium bisa di matikan atau penutup aquarium diganti menjadi jarring yang rapat. Sedangkan pH yang dikehendaki sekitar 6-7. Andai ada perubahan ph yang cukup tinggi, biasanya ikan akan langsung mogok makan.
Untuk pergantian air, jika air yang dipakai bagus (PH 6-7, TDS 30-120, suhu 26-29 derajat celcius) bisa dilakukan tiap hari sebanyak 30 persen. Namun kembali di sesuaikan dengan kebiasaan hobiis, asalkan dilakukan secara teratur.Semakin jarang dikuras, semakin banyak air yang harus diganti, bahkan ikan lebih baik dipuasakan terlebih dahulu jika air yang diganti lebih dari 70 persen.
Untuk Kotoran dan sisa makanan sebaiknya dibersihkan setiap hari. Untuk mencegah bertambahnya kadar amoniak di dalam aquarium/