NEWS & EVENTS

Puasa dan Pembiusan Arwana
A. Puasa pada Arwana
bila arwana akan dipindahkan atau dibius maka arowana tersebut perlu dipuasakan sebelumnya supaya tidak muntah dalam perjalanan.
Lama waktu puasa pada ikan arwana bervariasi sesuai dengan ukuran arwana tersebut. Semakin besar ukuran arwana, semakin lama puasa yang harus dijalankan. Sebagai contoh, selama 4 hari untuk ikan 12-30 cm, 1minggu untuk ikan 30-40 cm, 10 hari untuk ikan ukuran 50cm. Bila tidak dipuasakan, arwana bisa menjadi mabuk dan dapat menyebabkan muntah. Jika sampai arwana muntah di dalam kantong plastik pembungkus, bisa berakibat fatal karena air menjadi kotor dan bisa membunuh arowana di dalam plastic tersebut .
Selain puasa juga perlu dilakukan pergantian air yang bagus tiap hari ,kurang lebih 30 persen untuk persiapan perjalanan panjang
B. Pembiusan dan Operasi Arowana
Pembiusan arwana dilakukan sesaat sebelum ikan akan di operasi , misalnya operasi mata turun atau insang keluar atau pembentukan ekor dan dayung ikan. Jika dibius terlebih dahulu arwana akan menjadi tenang sehingga pada saat akan dioperasi, hal yang tidak diinginkan dapat dihindari.
Terdapat beberapa obat bius yang bisa digunakan dan banyak tersedia di pasaran, biasa disebut stabilizer. Obat tersebut yang populer di antaranya adalah Ocean free, Aquadine dan Arwana Safe. Ocean Free merupakan obat bius yang paling kuat. Jadi hati2 dalam pemakaiannya. Beberapa kasus ada ikan yang mati karena proses bius yang salah atau berlebihan.
Sebelum membius dan operasi, ada beberapa alat yang perlu disiapkan :
1. Plastik sesuai ukuran ikan 2 buah. (1 untuk mengambil dan membius ikan, 1 untuk diisi air dari akuarium lama bebas obat bius)
2. Gunting yang tajam dan steril untuk proses operasi (direndam di alkohol)
3. Obat Bius (memakai merek ocean free)
4. Box sterofom yang diisi air dengan ketinggian satu setengah kali tebal badan ikan.
5. Kain basah agar sisik arowana tidak luka akibat gesekann
6. Antibiotik untuk mencegah infeksi

Langkah2 nya sebagai berikut :
1. Puasakan ikan sesuai dengan ukuran ikan.
2. Masukkan air aquarium lama ke dalam plastik dengan ketinggian air satu setengah kali tebal badan ikan.
3. Tangkap ikan dalam plastic dan bius di dalam plastik sesuai takaran obat bius yang tertulis di
botol. Arwana yang telah terbius akan berenang melayang dengan kondisi tubuh terbalik.
4. kemudian,pindahkan ikan arowana diatas handuk basah di dalam box sterofom tanpa memasukan air yang sudah terkena obat bius.proses operasi atau pengobatan bisa dilakukan.Lakukan proses operasi secepat mungkin maskimal 10 menit untuk mengurangi resiko pada ikan.
5. Jika sudah selesai, segera masukkan arwana tersebut ke dalam akuarium lama memakai plastic kedua yang bebas obat bius.
6. kemudian dekatkan mulut arwana ke aerator agar arwana cepat sadarkan diri, biasanya setelah 5 menit ikan akan berenang normal.
7. Untuk pengaman dari penyakit infeksi pada luka arowana, masukan antibiotic sesuai dosis
Note : Apabila belum pernah melakukan pembiusan, baiknya minta ditemani orang yang berpengalaman, guna mencegah panik bila terjadi kesalahan.